Rabu, 25 Juli 2012

Makna beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat berarti meyakini bahwa Allah mempunyai Malaikat-malaikat. Allah jadikan mereka dari cahaya, diciptakan untuk senantiasa taat kepada-Nya dan tidak pernah membangkang terhadap apa saja yang diperintahkan Allah kepada mereka, senantiasa mengerjakan semua perintah-Nya, terus-menerus bertasbih kepada Allah siang dan malam, tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali Allah, dan Allah membebankan kepada mereka berbagai tugas yang berbeda-beda.

Allah berfirman:
 “Akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikatmalaikat.” (QS.Al-Baqarah:177).

Dalam ayat lain Allah berfirman:
 “Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang telah diturunkan kepadanya dari Tuhannya demikian pula orang-orang yang beriman, semuanya beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, kita-kitab- Nya dan para rasul-Nya.” (QS.Al-Baqarah:285).

Dan dalam hadis Jibril, ketika dia datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam bertanya tentang Iman, Islam dan ihsan. Jibril berkata: Beritahukanlah aku tentang iman! kemudian Rasulullah menjawab: “ Anda beriman kepada Allah, malaikat-malaikat- Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kemudian dan beriman kepada taqdir baik dan buruk.”

Kedudukan dan hukum beriman kepada Malaikat.

Beriman kepada malaikat merupakan rukun kedua dari rukun iman yang enam, tidak sah keimanan seseorang tanpa beriman kepada malaikat. Para ulama sepakat bahwa hukum beriman kepada malaikat adalah wajib, barangsiapa mengingkari keberadaan mereka atau sebagian dari mereka yang telah disebutkan (nama-namanya) oleh Allah, maka ia telah kafir dan menentang Al-Quran, sunnah dan ijma’.

Allah berfirman:
 “Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul- Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS.An-Nisa’: 136).

Sumber : http://s1.islamhouse.com