Jumat, 27 Juli 2012

Tugas para rasul

Rasul-rasul yang diutus oleh Allah subhanahu wataala mempunyai tugas-tugas yang sangat mulia, di antaranya:
1)    Menyampaikan syari’ah (ajaran agama) dan mengajak manusia untuk beribadah hanya kepada Allah, serta meninggalkan bentuk-bentuk ibadah kepada selain-Nya.

Allah berfirman:
 “(Yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalahrisalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut kepada seorang pun selain kepada Allah, dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan.” (QS.Al-Ahzab:39).
2)    Menjelaskan semua permasalahan agama yang diturunkan Allah.
Allah berfirman:
 “Dan Kami turunkan kepadamu Al-Qur’an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.” (QS.An-Nahl:44).

3)    Membimbing manusia kepada kebaikan dan memperingatkan mereka dari kejahatan, serta membawa kabar gembira tentang adanya pahala dan mengingatkan mereka akan adanya siksa.
Allah berfirman:
 “(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan.” (QS.An- Nisa’:165)

4)    Memperbaiki kondisi umat manusia, dengan memberikan tauladan yang baik, baik dalam perkataan maupun perbuatan.
5)    Menegakkan syari’at Allah serta mempraktekkannya ditengah-tengah ummat manusia.
6)    Memberikan kesaksian atas umat mereka pada hari kiamat bahwa mereka telah menyampaikan semua misi yang mereka emban secara jelas.
Allah berfirman:
 “Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti) apabila Kami mendatangkan seorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).” (QS.An-Nisa’:41).

Sumber : http://s1.islamhouse.com